Programmer dan Testing

Tugas Programmer

Pekerjaan programmer adalah membuat program berdasarkan spesifikasi proses yang ditetapkan oleh perancang aplikasi. Hasil dari pekerjaan ini tentu adalah program yang dapat dijalankan, baik secara mandiri atau sebagai modul yang digunakan oleh modul atau program lain.

Program yang dihasilkan, seharusnya terbebas dari kesalahan sintaks, tetapi juga harus bebas dari kesalahan logika.

Untuk mengetahui bahwa program yang dibuat sudah terbebas dari kesalahan, maka harus dilakukan pengujian terhadap program tersebut. 

Pengujian

Pengujian program harus dilakukan pertama kali oleh pemrogram itu sendiri, setelah itu baru diserahkan dan dilakukan pengujian oleh penguji (tester) program.

Bahan untuk pengujian harus disiapkan oleh perancang aplikasi atau pengguna. Bahan untuk pengujian suatu modul program akan terdiri atas banyak data dan prosedur. Setiap data dan prosedur disebut sebagai kasus uji (test case).

Satu modul akan memiliki banyak kasus uji. Mengapa? Karena di dalam suatu program atau modul, pada umumnya, di dalamnya akan terdapat lebih dari satu prosedur atau fungsi. Setiap prosedur dan fungsi akan memiliki kegunaan sendiri, maka sudah seharusnya setiap fungsi atau prosedur harus diuji. Pengujian pada level prosedur atau fungsi disebut sebagai pengujian pada level unit.

Permasalahan

Permasalahan yang sering timbul dalam suatu proses pengembangan adalah :

  • perilaku dari programmer yang bisa jadi cukup menjengkelkan manajemen, yaitu programmer tidak melakukan pengujian dengan baik dan benar. Terkadang programmer hanya memperbaiki program, kemudian melakukan kompilasi. Jika kompilasi sudah tanpa kesalahan, programmer menganggap bahwa program telah benar.
  • spesifikasi program dari perancang aplikasi tidak selalu disertai dengan kasus uji, sehingga sering kali pengujian dilakukan oleh programmer tidak seperti yang diharapkan. Jadi ala kadarnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: