Profesi Software Tester

Profesi software tester (penguji software ) merupakan kelompok profesi yang dapat dikatakan masih baru di dalam dunia software; walaupun sebenarnya dalam dunia nyata pengembangan software, pekerjaannya ada dan sudah dilakukan, tetapi masih belum dipisahkan secara khusus. Umumnya melekat kepada pemrogram untuk melakukan pengujian software.

Software tester dalam pengertian umum adalah orang yang melakukan proses pengujian software. Software yang diuji, bisa software yang sedang dikembangkan, bisa juga software yang sudah jadi, yang dijual di toko (pasar).

Profesi ini dulu masih dipandang sebelah mata, sering diabaikan, bahkan tidak pernah dilakukan oleh pengembang software.

Tetapi dengan semakin meningkatnya kompleksitas sistem yang dikembangkan, dan tuntutan akan mutu dan layanan, maka profesi ini menjadi sangat penting dan harus ada. Software tester dapat dipandang sebagai pengguna software; yang akan melakukan pengujian software secara menyeluruh, dari proses instalasi sampai dengan penggunaannya, dengan semua menu/fasilitas software dicoba semua.

Sangatlah ironi, saat ini, jika suatu perusahaan pengembang software belum memiliki orang atau tim khusus untuk menjadi software tester. Perusahaan pengembang software tidak boleh mengandalkan pemrogramnya untuk melakukan pengujian software yang dikembangkan oleh pemrogram itu sendiri. Mengapa? Karena hasil pengujian oleh pemrogram itu sendiri, bisa jadi tidak akan objektif. Sudut pandang pengujian pemrogram dalam menguji software akan berbeda dengan sudut pandang penguji sebagai pengguna.

Software tester, jika memungkinkan, per orangan atau tim yang berposisi sebagai pihak ketiga. Mengapa? Pihak ketiga diharapkan lebih netral, tidak memiliki konflik of interest, sehingga bisa lebih objektif.

Siapa saja yang bisa software tester?

Tidak ada ketentuan baku, tentang siapa yang bisa menjadi software tester, karena berhubungan dengan tahap pengembangan dari software yang sedang dikembangkan. Jika software masih dalam tahap pengembangan, maka tester haruslah orang yang memahami proses bisnis yang akan dibantu proses kerjanya dan orang yang memiliki penguasaan terhadap teknologinya. Jika sudah selesai dan akan dioperasionalkan, maka tester bisa penggunanya.

Pelatihan formal tentang proses pengujian sebaiknya harus dibekalkan kepada setiap software tester. Mengapa? Tentu saja agar tester memiliki pengetahuan dasar tentang bagaimana melakukan proses pengujian software yang benar.

Proses pengujian haruslah sistematis, dan jika mungkin dibantu dengan menggunakan software, yang bisa membantu dalam proses pengujian. Proses pengujian tidak harus dilakukan secara manual, tetapi juga harus bisa dilakukan dengan diotomatisasi.

Proses pengujian software dapat dibedakan menjadi:

  • pengujian manual (manual testing)
  • pengujian diotomatisasi (automated testing)
  • gabungan manual dan otomatis

Pengujian manual merupakan pengujian yang umum dilakukan oleh banyak tester. Proses pengujian manual membutuhkan suatu prosedur baku, ketekunan, dan ketelitian dari orang yang berperan sebagai penguji (tester). Mengapa? Karena proses pengujian merupakan proses yang berulang, dan bisa jadi sangat menjemukan.

Pengujian yang diotomatisasi merupakan proses pengujian yang menggunakan alat bantu, dalam hal ini software untuk pengujian (testing software). Proses pengujian dirancang agar dapat dilakukan oleh software. Kita bisa membuat program dengan software untuk pengujian, agar proses pengujian dapat dilakukan secara otomatis. Software pengujian sangat diperlukan untuk membantu proses pengujian yang sifatnya berulang dan banyak sekali.

Gabungan antara manual dan otomatis, merupakan proses pengujian yang ideal, karena tetap saja bahwa proses pengujian membutuhkan keputusan manusia sebagai penguji. Banyak pertimbangan dalam proses pengujian tidak bisa dimasukkan ke dalam software untuk pengujian yang diotomatisasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: