Software Untuk Otomasi Program dan Otomasi Pengujian

Ternyata pemilihan keyword pada saat ‘searching’ di Google benar-benar sangat memperngaruhi hasil. Sampai dengan tahun 2006 lalu, penulis tidak berhasil mendapatkan suatu link yang membawa kepada proses otomasi di lingkungan Windows. Penulis pada saat itu membutuhkan software untuk melakukan otomasi pengujian software yang freeware.

Penulis baru mendapatkan ‘mainan’ baru untuk bisa melakukan otomasi pengujian dengan menggunakan software yang tepat guna, yaitu AutoIt. Proses mendapatkannya pun tidak sengaja, dan penulis sendiri tidak ingat kapan mendapatkan link ini.

AutoIt adalah interpreter yang freeware, merupakan alternatif dari ScriptIt yang merupakan bawaan dari Windows NT. ScriptIt digunakan untuk membuat script batch yang digunakan untuk mengotomatisasi pekerjaan administrator di lingkungan Windows NT.

Prinsip kerja dari ScriptIt dan AutoIt sangat sederhana. Kita cukup menuliskan urutan pekerjaan pada saat melakukan uji pada suatu program. Pertama kali jalankan aplikasi, kemudian setelah aplikasi ditampilkan, maka lakukan pemasukan data, setelah itu tekan kunci <enter> atau <tab>, terus sampai dengan selesai. Langkah-langkah pengujian program cukup dituliskan ke dalam file teks. Tentu saja sebelumnya kita harus menjalankan program aplikasi, kemudian setiap langkahnya kita tuliskan ke dalam notepad.

Setelah kita memiliki file yang berisi script untuk menjalankan program tersebut. Hal yang harus dilakukan adalah memerintahkan AutoIt untuk menjalankan file script tersebut. Dan, sim sala bim, komputer langsung menjalankan semua urutan perintah tersebut.

AutoIt merupakan software yang khusus dikembangkan untuk melakukan otomasi. Tetapi penggunaannya bisa dikembangkan untuk membuat program yang digunakan untuk melakukan pengujian software yang diotomasi. Penguji tidak perlu lagi melakukan proses pengujian secara manual, dengan menjalankan program, memasukkan data, klik tombol a, tombol b, klik menu a, atau menu b. Semuanya bisa dimasukkan ke dalam file. Penguji bisa juga melakukan penjadwalan kepada komputer, untuk menjalankan file script yang berisi urutan kita melakukan pengujian program.

Dan ternyata, sebenarnya fasilitas otomasi program di lingkungan Windows NT ini sudah ada sejak 1998. AutoIt merupakan software baru beberapa tahun. Tetapi tetap dikembangkan, sedangkan ScriptIt sudah tidak dikembangkan.

Selain AutoIt ada juga KixTart dan AutoHotKey. KixTart merupakan careware, semacam shareware, tetapi dana yang diperolehnya langsung disalurkan kepada yayasan-yayasan yang telah bekerjasama dengan KixTart. AutHotKey merupakan software yang opensource dengan lisensi GPL. Kompatibel juga dengan AutoIt.

Micsoroft sendiri lebih fokus pengembangan kepada bahasa scripting sendiri. Windows Scripting Host (WSH) telah mulai ditinggalkan, dan digantikan dengan PowerShell. Untuk mendapatkan PowerShell, kita harus memiliki Windows yang legal terlebih dahulu.

Prinsip kerja dari semua program untuk otomasi ini menggunakan ActiveX dan COM, agar bisa melakukan komunikasi dengan sistem Windows.

Untuk kebutuhan proses otomasi, kita harus dapat mengidentifikasi objek-objek yang ada dalam suatu form aplikasi. Untuk mengidentifikasi ini, ternyata sudah disediakan oleh Microsoft bersamaan dengan Visual C++-nya, yaitu program Spy++. Selain Spy++, ada juga Winspector Spy, WinInfo, dan AutoIt Windows Info.

Untuk pemrogram Delphi, ternyata sudah ada librari yang bisa digunakan untuk membuat program otomasi, yaitu AutomX, yang berlisensi freeware. Setiap pengguna harus melakukan registrasi untuk menggunakannya sebagai yang terdaftar.

Advertisements

2 Responses to “Software Untuk Otomasi Program dan Otomasi Pengujian”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: