Tahap Analisis Data

Tahap analisis data dalam tahapan pekerjaan analisis adalah proses mengidentifikasi , elemen demi elemen, kebutuhan data suatu fungsi. Setiap elemen data ditentukan dari sisi bisnis, diidentifikasi siapa yang memilikinya, diidentifikasi juga pengguna datanya, dan diidentifikasi juga sumber dari data tersebut.

Elemen-elemen data ini kemudian dikelompokkan menjadi sebuah record dan suatu struktur data dibuat untuk menunjukkan ketergantungan data.

Analisis data memfokuskan kepada 2 aspek, yaitu data yang saat ini digunakan dan data yang akan atau mungkin dibutuhkan pada masa mendatang.

Data terkini kemudian dianalisis lebih lanjut untuk memastikan jika data diperoleh dari sumber yang tepat, waktu yang tepat, dan tingkat detail yang benar. Analisis data terkini juga mencoba menentukan, baik definisi data bisnis yang benar dari data yang digunakan dan memastikan semua pengguna data yang sama mendefinisikannya dan melihatnya dengan cara yang sama.

Untuk menganalisis data kita dapat memperoleh dari:

  • analisis event
  • analisis transaksi
  • analisis dokumen dan formulir
  • analisis laporan

Analisis Event

Suatu event data adalah sesuatu yang terjadi dalam lingkungan bisnis yang dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui tentang dan mana yang harus dicatat dalam catatan perusahaan, yaitu arsip (file) perusahaan. Suatu event dapat secara ekstrenal atau internal dihasilkan dan mungkin terjadi melalui beberapa tindakan yang diambil atau sebagai hanya hasil dari bagian waktu.

Keberadaan event data dicatat dengan berbagai cara. Analisis event data menentukan apakah informasi harus disimpan apa adanya sehingga event dapat dipanggil kembali atau ditindaklanjuti. Harus juga menetukan bagaimana event tersebut dapat diketahui oleh perusahaan, sehingga dapat memicu kesadaran perusahaan atas event tersebut.

Analisis Transaksi

Analisis transaksi berpasangan dengan analisis event data. Analisis transaksi melihat pembawa data yang menggerakan data dan informasi di dalam perusahaan. Beberapa transaksi dapat dihasilkan oleh eksternal, dan sebagian lagi oleh internal.

Analisis Dokumen dan Formulir

Analisis dokumen dan formulir adalah bagian dari analisis event dan transaksi, dengan melihat ke dalam formulir dan dokumen yang membawa data perusahaan. Tujuannya adalah untuk menentukan seluruh asal data dan apakah perusahaan menyimpan dan menggunakan data dari formulir-formulir dan dokumen-dokumen dengan cara yang paling efisien. Analisis dokumen dan formulir juga melihat apakah formulir dan dokumen dirancang dengan baik; sehingga data dapat diidentifikasi secara benar; apakah cukup ruang dalam formulir untuk data yang harus dituliskan; apakah data dikelompokkan dalam formulir dengan benar; apakah cukup salinan formulir; bagaimana, kapa, dan di mana diisinya?

Apakah formulir disimpan dalam jangka waktu yang memadai, apakah diisi dan diindeks dengan benar , dan apakah formulir-formulir tersebut dapat diperoleh kembali dalam tenggang waktu yang masuk akal?

Analisis Laporan

Analisis laporan mengkonsentrasikan kepada luaran (output) dari hasil pemrosesan data, dengan mengabaikan apakah pemrosesan/pembuatan laporan tersebut manual atau diotomasi. Laporan memberikan pengguna dengan informasi yang menutupi kepentingan kepada kegiatannya.

Analis harus menentukan apakah seluruh laporan yang diterima oleh pengguna diperlukan dan apakah laporan-laporan tersebut akurat, tepat waktu (timely), dan lengkap.

Isi laporan dan dokumentasi harus dianalisis untuk menentukan apakah pemahaman pengguna laporan dengan isi laporan sesuai dengan laporan yang sebenarnya ada. Analis harus juga menentukan apakah pengguna menerima report dengan cukup detail atau sangat detail, dan apakah sudah cukup akurat atau lengkap secara keseluruhannya.

Advertisements

2 Responses to “Tahap Analisis Data”

  1. jeshe Says:

    i would to ask you some question ’bout data analysis. they are analysis exploration data, screening data, row data. kind of hypothesis in it etc. thx a lot

  2. betha Says:

    Thank you Jeshe for your comment.

    Sepertinya saya salah memberi judul, semestinya menjadi ‘Tahap Analisis Data’ yang merupakan bagian dari tahap pekerjaan analisis untuk mengembangkan software, yaitu dalam rangka menganalisis data apa saja yang dibutuhkan oleh sistem yang akan dibangun.

    Karena jika analisis data saja, maka akan ada pertanyaan seperti yang ditanyakan, karena tidak ada pembahasannya. Dalam hal ini memang tidak menjadi bahasan tentang bagaimana menganalisis data yang akan menjadi bagian dari pengambilan kesimpulan atau pun keputusan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: