Dokumentasi Wawancara

Wawancara adalah salah satu teknik pengumpulan data, terutama dalam pembuatan user requirement yang diperlukan dalam proses analisis sistem yang akan dikembangkan.

Suatu pekerjaan wawancara tidaklah lengkap, jika belum didokumentasikan. Pendokumentasian sangatlah diperlukan dan mutlak harus dilakukan, karena dokumentasi merupakan bukti tertulis dari hasil wawancara. Dokumen requirement merupakan landasan kerja untuk tahap pengembangan aplikasi, dibutuhkan dari tahap analisis sampai dengan tahap testing. Dokumen requirement selalu diacu oleh setiap tahap, untuk memastikan bahwa setiap tahap dikerjakan memenuhi requirement dari user.

Dokumentasi hasil wawancara merupakan lampiran dari dokumentasi user requirement, sebagai bukti bahwa pekerjaan wawancara memang telah dilakukan.

Pada dokumen wawancara sebaiknya ada tanda tangan dari nara sumber, pihak yang diwawancara, untuk bukti bahwa isi dari wawancara tadi benar.

Setiap wawancara perlu ada formulir secara khusus yang memiliki format yang baik, secara umum maka format formulir wawancara ada dua bagian :

  • Bagian Judul
  • Bagian Isi

Bagian Judul diisi dengan berbagai informasi yang menunjukkan topik yang dibicarakan, nara sumber, waktu, dan tempat wawancara. Kemudian dilengkapi dengan pewawancara, dan tanda tangan dari pewawancara dan yang diwawancarai.

Bagian isi diisi dengan hasil wawancara. Jika mungkin setiap jawaban ada pertanyaannya, formulir disiapkan dalam bentuk yang sudah dicetak.

Jika kita bisa melakukan wawancara dengan langsung mengetik menggunakan komputer, itu akan lebih baik. Hasilnya bisa dicetak dan ditandatangani setelah disetujui bahwa apa yang dituliskan telah sesuai dengan yang disampaikan.

Dalam bagian isi dari wawancara, harus dipastikan bahwa kita menuliskan fakta, jangan menuliskan opini dari narasumber (responden). Jika ada opini, maka kita harus menyatakan secara jelas, bahwa teks tersebut opini, bukanlah fakta.

Advertisements

One Response to “Dokumentasi Wawancara”

  1. zona90 Says:

    Tambahan pak, menggunakan alat perekam suara.
    biar buktinya tambah otentik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: