Java dan .NET Kini Sulit Dihindari!

Kini, pengembang aplikasi sulit untuk menghindari Java dan .NET sebagai tools yang digunakan untuk pengembangan atau pun tools yang digunakan untuk membantu dalam proses pengembangan.

Sebelumnya kita dapat menghindar, tidak perlu menggunakan program yang dihasilkan dengan menggunakan Java atau pun .NET. Apalagi Java yang kini telah mulai merambah ke dalam dunia open source; sedangkan .NET baru pada produk-produk yang dihasilkannya saja.

Saya sering terpaksa menghindari Java dan .NET, karena alasan ekonomi saja. Tidak memiliki resource komputer yang besar, terutama memori komputer. Java dan .NET membutuhkan resource komputer yang besar, terutama memori. 1GB adalah ukuran minimum memori yang harus dimiliki oleh komputer kita, untuk kita bisa nyaman bekerja dengan Java dan .NET. Walaupun secara spesifikasi sering dinyatakan bahwa RAM 512MB pun bisa digunakan. Tapi apa yang terjadi, kita sering sekali bekerja dengan ada delay waktu untuk menunggu suatu proses sederhana selesai. Bisa dihitung, jika kita sering mendapatkan delay beberapa detik untuk bergerak di dalam aplikasi, jika dikalikan dengan jumlah gerakan, maka waktu kita habis untuk menunggu. Terlalu banyak waktu yang harus dikorbankan dengan spesifikasi yang terlalu minimum.

Sebelum tahun 2007 ini, harga memori masih termasuk mahal, untuk pengembang seperti saya. Tapi kini harga memori sudah bisa dikatakan murah sekali, karena nilainya sudah di bawah Rp. 500 ribu per 1 GB. Jadi untuk memiliki komputer dengan memori 1GB sudah bisa dipenuhi dengan uang Rp 500 ribu, jika dirata-rata maka harga memori per 1MB hanya Rp 500. Sudah sangat ekonomis.

Selain dari harga perangkat keras yang sudah ekonomis, produk-produk software yang open source pun sudah banyak yang dikembangkan dengan menggunakan Java dan .NET. Produknya banyak yang berkualitas dan sangat dapat digunakan untuk membantu kita dalam proses pengembangan software; yang memaksa kita untuk menggunakannya, karena akan lebih mempermudah dan mempercepat kerja.

Salah satu contoh produk software yang untuk saya sangat penting adalah produk untuk perancangan database. Sebelumnya saya harus menggunakan software evaluasi, yangs etiap 45 hari harus diinstall ulang, dan yang menjadi masalah juga adalah hanya ada di sistem operasi Windows. Kini saya telah memiliki alternatif untuk program perancangan database, yaitu: Power Architect for Windows, yang bisa diperoleh dari : http://download.sqlpower.ca/architect/current.html.

Mengapa software perancangan database sangat diperlukan? Karena di dalam software untuk perancangan database, dapat membantu kita untuk memodelkan dan menghasilkan perintah untuk membuat database secara fisik. Jika kita menggunakan software perancangan untuk database relasional, maka kita akan dengan mudah mendapatkan perintah SQL untuk membuat tabel dan relasi antar tabelnya; tidak harus kita membuat sendiri secara manual.

Walaupun berbasis Java dan perancangan database pada level fisik, untuk menghindari ‘keterpaksaan’ menggunakan produk komersial secara ilegal, maka mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, sudah saatnya saya harus mengadopsi untuk menggunakannya. Dan yang lebih menarik adalah software ini free untuk digunakan dan open source.

Advertisements

2 Responses to “Java dan .NET Kini Sulit Dihindari!”

  1. iffata Says:

    Siap, Komandan! 😀 Segera dicoba…

  2. daily health Says:

    Had some thoughts about this a couple of weeks ago, but..as always i tend to forget things like this.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: