Online GIS

Online GIS merupakan konsep sistem informasi geografis masa datang, yang telah mulai banyak diimplementasi oleh banyak pengembang sistem, termasuk vendor.

Semakin murahnya biaya untuk Internet, maka Online GIS akan menjadi solusi bagi organisasi atau perusahaan yang ingin memiliki sistem informasi geografis.


Online GIS tidak mengharuskan kita untuk memiliki data peta sendiri, tetapi bisa menggunakan data peta yang disediakan oleh provider peta di Internet; terutama data peta citra.

Dan yang menarik adalah hasilnya. Kita dapat melihat sistem informasi geografis seolah-olah kita melihat dari udara, kemudian kita bisa melihat sebaran tematik dari atasnya. Tentu saja dengan mengoverlaykan data yang kita miliki di atasnya.

Google Map, Yahoo! Map, atau pun ESRI menyediakan server yang berisi data peta, terutama peta satelit. Selain itu mereka juga menyediakan API dan perangkat lunak untuk mengakses dan memanfaatkan data yang ada di server yang mereka sediakan.

ESRI sebagai vendor GIS komersial populer, telah bersiap dengan layanan penyediaan data, tentu saja berharap akan semakin banyak pengguna yang akan menggunakan produknya. Sebut saja ArcGIS Explorer, ArcExplorer Web, dan ArcExplorer yang Java based telah disiapkan untuk penggunanya, dengan diberikan secara cuma-cuma.

Google dengan Google Earth dan Google Sketch Up telah lebih dulu memberikan layanan dan dengan cuma-cuma. API untuk GoogleMap dan juga standar untuk membuat suatu overlay dengan standar KML dan KMZnya, telah mulai menjadi standar. (Hehe.. tentu saja, karena mau tidak mau harus dipakai, karena layanan peta citra yang disediakannya, dapat dikatakan paling baik resolusinya).

Selain peta citra, tentu saja kita harus memiliki peta berbasis vektor. Pengadaan data peta vektor tentu saja mahal, tetapi kita akan dapat dengan mudah melakukan pengadaaan dengan melakukan digitasi sendiri, dengan memanfaatkan Google Map sebagai basis dari peta vektor yang disediakan Google. Walaupun yang disediakan Google secara cuma-cuma citra yang diberikan tertinggal lebih dari 1 tahun keakuratannya. Kita masih bisa memanfaatkannya.

Banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan editing dan membuat digitasi peta vektor dari peta citra.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: