Pengujian Software Instalasi

Setiap software aplikasi yang telah berhasil dibuat oleh suatu tim pengembang software, perlu dibuatkan program untuk instalasinya (setup disk).

Program instalasi sangat diperlukan untuk memudahkan software aplikasi yang dibuat menjadi lebih mudah untuk dipasang di komputer pengguna. Tentu saja pemasangan harus oleh pengguna itu sendiri, setidaknya bukan oleh tim pengembang itu sendiri yang harus memasangnya.

Salah satu pengujian yang harus dilakukan kepada software adalah pengujian kepada program instalasi yang dibuat untuk software tersebut. Pengujian ini dimaksudkan untuk memastikan apakah aplikasi yang telah dibuat dapat dengan mudah dipasang di komputer pengguna atau tidak.

Program instalasi yang dibuat oleh tim pengembang harus semudah mungkin penggunaannya. Bisa dikemas dalam satu file itu sangat baik, atau setidaknya dikemas dalam satu CD. Pengembang harus membuat atau menggunakan program khusus yang digunakan bisa membuat paket instalasi, supaya progam instalasi menjadi baik.

Penguji?
Siapa yang menjadi penguji, tentu saja penguji pertama kali adalah pengembang itu sendiri. Setelah pengembang yakin program instalasinya telah selesai, barulah pengujian dilakukan oleh pihak lain yang tidak mengerti sama sekali tentang bagaimana membuat program atau program instalasi itu.

Penguji bisa juga dari orang yang tidak mengerti sama sekali tentang membuat program, tetapi harus sudah biasa menggunakan komputer.

Pengujian?
Pastikan kita menggunakan sedikitnya dua komputer untuk pengujian. Ini harus diusahakan. Komputer pertama adalah komputer yang sudah berisi bermacam-macam program, dan komputer kedua adalah komputer yang masih ‘bersih’ (baru dipasang sistem operasinya atau hanya berisi aplikasi standar seperti Office saja).

Hal pertama yang diperhatikan pada saat pengujian ini adalah apakah software instalasi berhasil memasang program ke dalam komputer pengguna atau tidak. Tentu saja bisa dilihat apakah sampai dengan selesai tidak ada kesalahan.

Proses pengujian sederhana ini bisa digunakan untuk mengetahui tentang environment sistem yang digunakan untuk pengujian. Kita bisa mencatat spesifikasi komputer yang digunakan dalam proses pengujian. Spesifikasi komputer ini akan digunakan sebagai dasar bahwa program instalasi sudah berhasil dijalankan dan memasang aplikasi, jadi bukan kita mengeneralisasi bahwa program telah berhasil atau dapat digunakan di semua komputer.

Catat juga sistem operasi yang digunakannya, yang juga akan menjadi platform sistem operasi yang telah digunakan untuk pengujian.

Setelah proses instalasi berhasil dilakukan. Berikutnya adalah memeriksa kelengkapan hasil instalasi. Tentang kelengkapan hasil instalasi ini harus berkoordinasi dengan dengan tim pengembang untuk mengetahui harus seperti apa hasil dari instalasinya.

Periksa setiap file, terutama yang berhubungan dengan aplikasi dan dokumentasi. Buka file-file tersebut, apakah ada yang corrupt atau tidak.

Pemeriksaan berikutnya adalah menjalankan setiap menu yang ditampilkan yang dihasilkan oleh aplikasi. Ini adalah pengujian standar yang harus dilakukan dalam pengujian software. Untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan baik. Pengujian ini harus tetap dilakukan, karena bisa saja, program yang dikemas ke dalam paket program instalasi ini program yang salah.

Jika semua telah dilakukan dan tidak ada kesalahan yang ditampilkan, maka pengujian pada program instalasi telah selesai dilakukan.

Secara sekilas kita dapat mengetahui bahwa proses pengujian program instalasi tidak sekedar menjalankan, jika sudah berhasil dipasang, berarti sudah berhasil. Ternyata tidak, karena masih harus menguji lagi program yang telah dipasang tersebut. Jika tidak kita bisa membuat kesalahan fatal yang mengakibatkan kerugian finansial; misalnya jika setelah itu diperbanyak ke dalam ribuan CD? Setelah selesai penduplikasian, baru diketahui bahwa program tersebut adalah salah, maka bisa jadi runyam. Masih beruntung jika belum didistribusikan, jika sudah? Bisa dibayangkan …

Advertisements

One Response to “Pengujian Software Instalasi”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: