Google Chrome: Browser Web Untuk Pengembang Aplikasi Web

Google Chrome (selanjutnya GChrome) adalah browser web terbaru yang dikeluarkan oleh Google. 

Browser web ini sangat sederhana tampilannya, lebih mengutamakan luasnya daerah untuk menampilkan informasi. Tampilan awal dari browser ini menyajikan alamat-alamat situs web yang paling sering dikunjungi, ini memudahkan pengguna untuk menuju situs web favorit.

Akses utama terhadap fasilitas yang ada dengan menggunakan mouse. Kita bisa menggunakan ‘short cut key’ yang disediakan, untuk pengguna yang senang menggunakan keyboard, walaupun tidak semua menu memiliki shortcut key.

Untuk pengembang aplikasi berbasis web, maka GChrome sangat cocok, karena memiliki fasilitas yang lengkap, seperti adanya DOM inspector dan JavaScript debugger. Kita dapat mengetahui dengan cepat kesalahan yang terjadi dalam aplikasi web kita, terutama yang berkaitan dengan program JavaScript yang ada dalam browser.

Hanya saja perlu berhati-hati dengan penamaan file program JavaScript kita yang akan di-include ke dalam aplikasi web. Pada versi GChrome yang penulis gunakan (versi 0.2.149.30), nama file tidak boleh menggunakan tanda dash/minus. GChrome tidak berhasil melakukan load, sehingga aplikasi web dengan JavaScript kita tidak bisa dijalankan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: