Pengujian Software Pada Akhir Tahap Pengembangan

Salah satu tahapan pengembangan software yang harus dilalui adalah pengujian.

Pengujian software harus dilakukan oleh pengembang dan juga pengguna. 

Umumnya, pengujian yang dilakukan oleh pengembang dilakukan pada tahap akhir dari proses pengembangan, setelah semua modul aplikasi dikembangkan. 

Aspek pengujian meliputi:

  • pemeriksaan error, masih ada atau tidak
  • pemeriksaan apakah software telah sesuai dengan requirement atau belum

Untuk dapat melakukan pengujian dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan, maka harus disusun skenario untuk pengujian terlebih dahulu. Skenario pengujian adalah dokumen yang berisi persiapan dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menguji software secara terinci. Langkah-langkah ini menunjukkan aspek-aspek software yang harus diuji.

Salah satu tools yang digunakan untuk mendukung proses pengujian adalah software yang dapat mengcapture proses pengujian dari awal sampai dengan akhir suatu skenario pengujian. Software ini dikenal sebagai video screen capture, software yang akan mencatat pengujian menjadi suatu video. Dengan perekaman menjadi video ini, maka jika terjadi suatu error, maka proses untuk merekonstruksi kejadian error ini dapat dengan mudah ditayangkan.

Berikut adalah link dari salah satu software video screen capture yang freeware: http://www.bobyte.com/AviScreen/index.asp

6 Responses to “Pengujian Software Pada Akhir Tahap Pengembangan”

  1. budhi Says:

    punya contoh dokument prosedur pengujian lengkap gak? bingung neh disuruh jadi debugger.. 😦

  2. susi Says:

    apa ada software khusus menguji white-box dan black-box

  3. Jian Says:

    Sama seperti budi. Saya juga lagi cari dokumen or artikel prosedur pengujian software dengan metode yang efektif.

    Apalagi disertai dengan kertas kerjanya di dokumen/artikel itu berikut contoh dari ujicobanya yang pernah dilakukan, khan enak tuh gak usah mumetz-mumetz ngerancang desain tesnya yang bervariasi tinggal isi yes or no en penjelasannya tuch … gak seperti di buku-buku itu jadinya mumetz truzzzz nich.

    Klo ada dd minta bantuannya tuk dikirim ke jian_ibnu_zab@yahoo.com

    Thx.

  4. Anit@ Says:

    Menarik juga. Kapan ya buku versi Ina-nya kluarrr ? Coba dech tmen2 smua baca di materi Rekayasa Perangkat Lunak. Tapi kebanyakan yg gw dapet di stoh cuma gambaran sekilas doang pada tahap testing-nya.

    Hmmm . . . bner tuh workpaper-nya yg penting.

  5. Tony Says:

    Saya dapat cuplikan lgsng dari Budi Rahardjo, bgini pernyataan beliau

    “Sebetulnya ada satu bidang yang disebut “formal verification”. Pembuktian secara matematis digunakan untuk membuktikan kebenaran sebuah program. Namun nampaknya ini masih terlalu sulit sehingga belum dapat digunakan secara praktis. Kita terpaksa masih menggunakan pengujian secara konvensional. Apa boleh buat.”

    Nah… itu masalahnya mas Jian… memang sulit lit lit lit…

  6. Lesmana Says:

    Buat informasi, AviScreen yang dibahas di sini buatan orang Indonesia lho.


Leave a comment